KUNJUNGAN TIM KEMENTERIAN KETENAGAKERJAAN RI & PSA ULM

Banjarmasin, PSA ULM – Pada hari rabu tanggal 9 Agustus 2020, Pusat Studi Asean Universitas Lambung Mangkurat mendapat kunjungan resmi dari tim Kementerian Ketenagakerjaan RI untuk pengumpulan data dan bahan masukan dalam rangka Rencana Implementasi Asean Consensus on Promotion and Protection of Migrant Workers ACMW ACTION PLAN 2021-2025. Sebagaimana ditentukan dalam ASEAN Consensus, negara-negara anggota ASEAN (AMS), melalui Komite ASEAN tentang Implementasi Deklarasi ASEAN tentang Perlindungan dan Promosi Hak-hak Pekerja Migran (ACMW), akan mengimplementasikan ASEAN Consensus melalui suatu action plan.Action plan ini dikembangkan berdasarkan prinsip-prinsip berikut:

  1. Ketentuan-ketentuan ASEAN Consensus dapat dikategorikan dalam lima bidang besar, yaitu (i) pendidikan / informasi; (ii) perlindungan; (iii) penegakan hukum; (iv) alternatif lainnya; dan (v) reintegrasi;
  2. AMS berada pada berbagai tahap perkembangan dan kemajuan, dengan berbagai undang-undang, peraturan dan kebijakan tentang perlindungan dan promosi hak-hak pekerja migran;
  3. Action plan akan menangkap upaya AMS antara 2018 – 2025 untuk mengimplementasikan ASEAN Consensus.

Action Plan untuk mengimplementasikan ASEAN Consensus diselaraskan dengan ACMW Work Plan (yaitu untuk mengimplementasikan kegiatan yang terkait dengan Deklarasi ASEAN tentang Perlindungan dan Promosi Hak-hak Pekerja Migran – “Deklarasi Cebu”).Tujuan diselenggarakan kegiatan Pengumpulan Data dan Bahan Masukan Melalui Jejaring Pusat Studi ASEAN tentang Rencana Implementasi ASEAN Consensus on Promotion and Protection of Migrant Workers ACMW Action Plan2021-2025 adalah sebagai berikut:

  1. Membantu mereview rencana kegiatan implementasi ASEAN Consensus on Promotion and Protection of Migrant Workers ACMW Action Plan2021-2025 yang dilaksanakan oleh Kementerian Ketenagakerjaan sebagai focal point di ACMW.
  2. Membantu mengidentifikasi potensi usulan kegiatan baru ASEAN Consensus on Promotion and Protection of Migrant Workers ACMW Action Plan2021-2025.
  3. Sebagai sarana memperkuat koordinasi jejaring dalam negeri Subdit Kerjasama Antar Lembaga dengan Pusat Studi ASEAN di seluruh wilayah Indonesia.